oleh

Mahasiswa KKN-T UNRAM Sosialisasi Pembuatan Pestisida Nabati untuk Segala Jenis Hama

-Liputan Warga-Ikuti Berita Kami Di Apl Google play / Koran Digital EPAPER

Lombok Utara — Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKNT) Universitas Mataram periode 2022/2023 di Desa Pendua, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara mengadakan Sosialisasi Pembuatan Pestisida Nabati Dari Daun Mimba. Jum.at (20/01/2023)

Kegiatan sosialisasi ini ditujukan kepada kelompok tani dan ternak di 7 (tujuh) Dusun yang ada di Desa Pendua. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at, 20 Januari 2023 pukul 16.00 WITA di Dusun Lokok Setangi.

Kegiatan ini dilakukan secara langsung dengan sasaran utamanya kelompok petani dan peternak yang mengikuti sebanyak 30 peserta.

Pada kegiatan tersebut dibuka dengan sambutan oleh kadus dusun Lokok Setangi di Desa Pendua yang berisikan harapan dari diadakanya kegiatan sosialisi ini.

Pak Asrin selaku kadus Lokok Setangi mengatakan bahwa “Pelatihan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram merupakan pelatihan dengan menggunakan bahan dan metode yang baru. Harapannya dengan adanya pelatihan ini masyarakat dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari terkhusus pada bidang pertanian” harapnya

Kegiatan ini dipaparkan oleh pemateri/narasumber salah satu anggota KKNT Desa Pendua yakni Amanda Dini Hidayah.
Amanda menjelaskan “bahwa pestisida nabati merupakan bahan yang digunakan untuk mengendalikan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) atau biasa disebut dengan hama yang dapat menimbulkan penyakit pada tanaman dan dapat merusak dari hasil pertanian. Terangnya.

Adapun bahan utama yang digunakan dalam pembuatan pestisida nabati ini adalah daun mimba. Daun mimba (Azadirachta indica) sendiri memiliki kandungan azadiraktin yang terdapat di dalamnya, yang dimana kandungan tersebut dapat menghambat reproduksi hama yang mengganggu tanaman. Adapun kelebihan dari penggunaan pestisida nabati ini adalah tidak merusak lingkungan sekitar, bahan-bahan yang digunakan berada di sekitar, aman dikonsumsi, mudah terurai oleh alam dan tentunya dengan harga yang murah. Jelasnya

Salah satu peserta yakni bapak kadus Lokok Senggol, bapak Andi mengucapkan terimakasih atas diadakanya kegiatan Sosialisasi Pembuatan Pestisida Nabati Dari Daun Mimba. Beliau menyampaikan bahwa “Saya kepala dusun senggol yang pada sore hari ini sengaja datang untuk mengikuti pelatihan cara pembuatan pestisida nabati dari daun mimba yang di berikan ilmunya langsung oleh kawan-kawan dari KKN tematik Unram.

mudah-mudahan apa yang diberikan pada sore hari ini bisa kami aplikasikan dan bermanfaat untuk tanaman di kebun maupun di sawah dan mudah-mudahan kawan-kawan semuanya juga dapat memberikan ilmu-ilmu tambahan sehingga apa yang kita dapatkan ilmu pada sore hari ini akan menjadi lebih bermanfaat.”tutupnya (red)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed