oleh

LPA NTB Dan KOMPAK Inisiasi Rapat Koordinasi Implementasi Pelembagaan LABKD Kabupaten Bima

-Liputan Kabupaten Bima-Ikuti Berita Kami Di Apl Google play / Koran Digital EPAPER

Liputannews17.Com, Kabupaten Bima ­- Rapat koordinasi tingkat Kabupaten Bima ini di inisiasi oleh LPA NTB dan KOMPAK digelar di ruang rapat Wakil Bupati Bima Rabu, (22/06/2021). Rapat yang dihadiri oleh Disdukcapil Kab. Bima, DPMDes, LPA Kab. Bima, Diskominfo, Bappeda, Camat Bolo dan Woha, PKK Kab. Bima serta Kades Desa Belo dalam rangka membahas tentang pola kalaboratif antara pemerintah Kabupaten, Kecamatan dan Pemerintah Desa dalam rangka penguatan kelembagaan LABKD (Layanan Adminduk Berbasis Kewenangan Desa) sebagai salah satu pendekatan pelayanan untuk pemenuhan hak warga dan perbaikan tata kelola perencanaan dan penganggaran.

Ketua LPA NTB yang diwakili oleh Sekjen LPA NTB Sukran, S.Pd menyampaikan pertemuan Koordinasi ini untuk memyamakan persepsi tentang pentingnya pendekatan layanan bersifat inklusi dan akuntabel melalui LABKD demi memperluas jangkauan penerima manfaat secara kualitas maupun kuantitas.

Dalam arahannya DC. KOMPAK KAB. Bima Asrullah juga menyampaikan LABKD adalah salah satu solusi untuk melakukan pendekatan pelayanan Adminduk di masyarakat. “Untuk regulasi kaitan dengan pelaksanaan LABKD baik dalam bentuk PERBUB maupun Perdes LABKD perlu terus di dorong” imbuhnya.

Dalam pertemuan itu juga penyampaian testimoni pendekatan pelayanan yang dilakukan oleh salah satu desa yaitu Desa Belo Kec. Palibelo. Dalam penyampaiannya Kades Belo Akhmad Fansuri mengatakan bahwa pendekatan pelayanan adalah solusi yang dilakukan dengan kerja kolaborasi dengan berbagai kelembagaan di Desa.

Lanjut Kades Belo di Desa Belo telah dibentuk POKJA ADMINDUK yg melakukan pendataan terhadap kepemilikan Adminduk warga dan PPKD yang mengumpulkan dan verifikasi berkas untuk disampaikan pada Disdukcapil serta PKK dan POSYANDU yang pada saat pelayanan posyandu sekaligus melakukan pelayanan berkas permohonan kepemilikan Adminduk bagi peserta posyandu untuk diserahkan pada PPKD.

Kegiatan layanan ini juga memberikan kemudahan karena Disdukcapil akan memberikan notifikasi sesuai dengan hasil verifikasi lanjutan  oleh Disdukcapil untuk Pencetakan langsung di Kantor Desa Belo. Ungkap Kades belo

Kegiatan LABKD ini sebenarnya merupakan replikasi dari berbagai inovasi layanan DISDUKCAPIL Bima melalui Perbub KABUA NCORE dengan layanan MESRA, MAMA UNTUK PAPA, MOBILE, CEDOK DESA dan lain Ungkap Disdukcapil yg diwakili Kabid Inovasi yang sering disapa dengan Bu Neng.

Kegiatan LPA NTB dan KOMPAK ini akan melibatkan 12 desa yg ada pada kecamatan Bolo dan Woha yang dilaksanakan sampai pada bulan Desember 2021, tutupnya (Red).

 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
2 years ago

[…] Kota Bima NTB,  Elemen Pemerhati Anak yang terdiri dari Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Bima, Dinas Pengendalian Penduduk Perlindungan Perempuan dan Anak Keluarga Berencana (DP3AKB), Pekerja Sosial (PEKSOS) Dinsos Kabupaten Bima menyoroti kasus kekerasan dan pelecehan seksual yang mencuat akhir-akhir ini di wilayah Bima. […]

News Feed