oleh

Juli Tahun 2022, 57 Desa Akan Mengikuti Pilkades Serentak

-Liputan Kabupaten Bima-Ikuti Berita Kami Di Apl Google play / Koran Digital EPAPER

Liputannews17.com, Kabupaten Bima -Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kabupaten Bima mulai mempersiapkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak. Merancang persiapan Pilkades tahun 2022.

Kepala DPMDes Kabupaten Bima, Tajuddin SH MSi meneybutkan, sebanyak 57 desa yang ikut Pilkades serentak. Pelaksanaannya kata dia, diperkirakan bulan Juli atau agustu mendatang. Yang mengikuti calon Kades, maksimal lima orang masing-masing desa.

“Sekarang sedang mulai kita rancang,” ungkapnya saat ditemui awak media  di ruang kerjanya, kamis (09/9/2021).

Persiapan kata kepala DPMDes baru sekitar dua tahun ini, dengan memanggil setiap BPD yang menggelar Pilkades. Untuk mensosialisasikan langkah-langkah konkrit yang akan dilakukan. Terutama pembentukan panitia Pilkades.

“Enam bulan sebelum pelaksanaan, BPD mesti sudah membentuk panitia Pilkades,” terang Tajuddin.

Selain membentuk panitia Pilkades lanjut mantan staf ahli Bupati Bima ini, BPD juga harus mengeluarkan secara tertulis ke pada Pemdes sesuai fungsi dan tugasnya. Termasuk memeberitahukan Kades untuk segera mengagendakan Laporan Pertanggungjawaban Pemerintahan Desa (LPPD) akhir masa jabatan.

“Kita sudah mulai memanggil BPD untuk sosialisasikan. Bahkan sebagian Kades kita undang,” ucap pria asal Desa Bonto Kape, Kecamatan Bolo ini.

Tujuan pemanggila, bapak anak satu ini menjelaskan, supaya dapat memahami regulasi secara baik dan memantapkan persiapan. Agar pada saat pelaksanaan nanti lancar.

“Sehingga tidak terjadi kisruh yang mengakibatkan instabilitas daerah,” pungkas alumni Fakultas hukum Unram di Mataram ini. (Red)

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
2 years ago

[…] Juli Tahun 2022, 57 Desa Akan Mengikuti Pilkades Serentak […]

News Feed