oleh

Harapkan Desa Rasabou Bisa Jadi Role Model di Tingkat Nasional

-Liputan Kabupaten Bima-Ikuti Berita Kami Di Apl Google play / Koran Digital EPAPER

Kabupaten Bima NTB  – Guna mencapai target satu data Indonesia, Pemerintah Kabupaten Bima  dan Badan Pusat Statistik (BPS) setempat terus melakukan sejumlah upaya, salah satunya, di tahun 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bima  akan melaksanakan Program Pembinaan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik). Pembinaan tersebut berupa pembinaan statistik sektoral di tingkat desa secara berkesinambungan dan komprehensif.

Kepala BPS Kabupaten Bima Bapak Ir. Muhadi mengungkapkan bahwa, program Desa  Cantik Tahun 2022 dicetuskan untuk meningkatkan kapasitas Desa  dalam mengidentifikasi kebutuhan data dan potensi yg dimilikinya. Dengan mengoptimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik ini, program pembangunan di Desa  bisa tepat sasaran. Bapak Ir. Muhadi menyebutkan, Desa Cantik di Kabupaten Bima.

“Desa Rasabou ini kami pilih dahulu karena dilihat dari kesiapan data dan Sumber Daya Manusia (SDM) nya. Kemudian, di tahun depan InshaAllah kami menargetkan beberapa desa lagi, dan hingga Tahun 2024 paling tidak separuh dari jumlah Desa  di Kabupaten Bima  ini bisa dicanangkan menjadi Desa Cantik,” ungkapnya.

Melalui program ini, SDM di Desa Rasabou  akan dilatih mengolah data monografi Desa. Kemudian menyajikannya menjadi informasi serta infografis yang mudah dipahami oleh masyarakat.

“Sebab, salah satu tujuan dari program Desa  Cantik sebenarnya untuk meningkatkan kompetensi, literasi, kesadaran dan peran aktif desa  dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik,” terangnya.

Lanjutnya, perlu dukungan dari seluruh pihak dalam mensukseskan program Desa Cantik ini. Tidak cukup dari BPS sebagai leading sektor dalam pengembangan statistik saja, melainkan program ini juga perlu dukungan dari pemerintah mulai dari pemerintah pusat, daerah hingga pemerintah desa serta masyarakat. Dengan dukungan dari semua pihak, nantinya diharapkan program ini dapat berjalan sukses dan pada gilirannya dapat memberikan sumbangsih terhadap pembangunan Kabupaten Bima.

“Kalau di tingkat desa, datanya sudah bagus semua, tinggal jumlah saja hingga kecamatan dan Kabupaten. Sekarang memperbaiki data penduduk bisa lewat Desa. RT kami tugasi untuk mengecek data warganya, dimana warga yang meninggal dunia maupun pindah domisili atau data-data lama bisa dicoret, diupdate ke data-data yang baru,” pungkasnya.

Suaidin, SH Kepala Desa Rasabou Menambahkan semoga kegiatan Desa Cantik ini bisa membawa Desa Rasabou menjadi Desa yang maju dan bisa di ikuti oleh desa-desa lain di Kabupaten Bima.(Red)

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed