oleh

Camat Palibelo: Waspadai DBD

-Liputan Kabupaten Bima-Ikuti Berita Kami Di Apl Google play / Koran Digital EPAPER

Kabupaten Bima NTB – Masyarakat Palibelo diimbau untuk tidak lengah terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Terlebih, memasuki musim hujan, banyak kubangan air yang bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk Aedes Aegypti, inang pembawa virus DBD.

Camat Palibelo Kumara Jaya S.STP, M.Si menyampaikan bahwa, terlepas adanya siklus atau tidak, waspada DBD harus menjadi perhatian masyarakat. Prinsipnya, saat musim hujan jangan biarkan ada air tergenang. Menurutnya, sekecil apa pun genangan itu harus segera dibersihkan agar tak menjadi sarang nyamuk bertelur. Ungkap Camat Palibelo di temui awak media Kabardesantb.com Jumat. (27/01/2023)

“Kami menghimbau kepada masyarakat Palibelo khususnya yang memiliki anak kecil harus waspada DBD. Kita jaga lingkungan kita untuk memutus rantai penularan. Yaitu bila di suatu area terdapat kasus positif DBD serta ada tanda penularan setempat,” tutur kumara .

Kumara Jaya meminta agar warga bisa terus menggiatkan kegiatan bersih-bersih di lingkungan sekitar tempat tinggalnya melalui kerja bakti untuk membersihkan selokan-selokan atau sungai-sungai kecil di belakang rumah. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir nyamuk Aedes Aegypti untuk berkembang biak yang dapat dapat membawa virus DBD.

“Karena saat ini sudah mulai banyak kasus DBD di Kabupaten Bima. Kegiatan bersih-bersih lingkungan juga dinilai bisa mengurangi dampak banjir. Kita harus gerakkan lagi gotong royong atau kerja bakti, karena kita masih melihat bahwa gerakan gotong-royong maupun kerja bakti di masyarakat sudah sangat berkurang semangatnya. Ini tugas PKM, kecamatan, Desa hingga tingkat RT/RW, mudah-mudahan dengan semangat dan kesadaran bersama ini bisa menekan kasus DBD yang ada,” tegas Kumara Jaya.

“Upaya yang bisa kita lakukan diantaranya menggalakan PSN, melakukan fogging di beberapa wilayah yang terindikasi adanya kasus DBD. kasus kematian akibat DBD bisa Kita tekan,” tandasnya.(Red)

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed