oleh

ABK Asal Cilacap Terekploitasi di Kapal Cina, Kuasa Hukum ABK Adukan Dirut PT Rafa Samudera Bahari ke BP2MI

-Liputan Nasional-Ikuti Berita Kami Di Apl Google play / Koran Digital EPAPER

Liputannews17.com, Jakarta | Pemerhati Pekerja Migran Indonesia yang juga Ketua media Gemuruh NasDem, Sujarwo datangi  Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) untuk  mengadukan kasus Anak Buah Kapal (ABK) asal Cilacap, Jawa Tengah berinisial SB yang tereksploitasi di atas kapal berbendera Cina, Kamis (12/08)

Berdasarkan pengaduan kasus, SB  mengaku sering mengalami keerasan dari kapten dan hanya diberi makan daging Babi dan Minum Air mentah ketika bekerja di atas kapal berbendera Cina, FV. Lurong Yuan Yu Bahkan, selama bekeerja 20 bulan tidak menerima gaji sepeserpun.

Ketika mengadu, SB mengatakan, dipekerjakan di atas kapal FV. Lurong Yuan Yu. Selama dua puluh bulan dipekerjakan di atas kapal tersebut SB juga mendapatkan jatah makanan yang tidak layak dan tidak di menerima gaji.

“Jam kerja SB ketika bekerja di atas kapal juga cukup panjang. Kasus ini sudah kami adukan ke BP2MI pada Kamis, 12 Agustus 2021. Tinggal menunggu proses selanjutnya,” kata Sujarwo sebagai penerima kuasa

Lebih lanjut Sujarwo menjelaskan, SB direkrut oleh PT Rafa Samudera Bahari dan diberangkatkan pada 20 November 2019 dengan negara tujuan Singapura. Sesampainya di Singapura, SB diantar ke pelabuhan menuju kapal berbendera Cina, FV. Lurong Yuan Yu.

“Saya sudah memberikan kesempatan kepada pihak perusahan untuk meneyelesaikan permasalahan tersebut secara kekeluargaan, tetapi pihak perusahaan selalu ingkar janji dengan alasan sedang diusahakan,” imbunya

Dengan adanya permasalhan tersebut, saya berharap kepada pihak instansi terkait untuk membantu menyelesaikan kasus yang menimpa SB, Pemerintah harus tegas dalam memberantas perusahaan yang Zalim, pungkasnya.(Red).

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed