oleh

Pemerintah Kota Bima Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2024

-Liputan Kota Bima-Ikuti Berita Kami Di Apl Google play / Koran Digital EPAPER

Pemerintah Kota Bima menggelar Upacara hari Kebangkitan Nasional Ke-116 tahun 2024, bertempat di halaman Kantor Wali Kota Bima. Senin, 20 Mei 2024.

Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas merupakan hari nasional yang diperingati pada tanggal 20 Mei setiap tahunnya. Tahun ini merupakan peringatan Harkitnas ke-116 dengan Tema Hari Kebangkitan Nasional 2024 adalah “Bangkit untuk Indonesia Emas”. Tema ini dipilih agar Harkitnas 2024 dapat membawa nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk bangkit menuju Indonesia Emas.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Bima bertindak sebagai inspektur upacara  membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI yaitu tujuan peringatan 116 Kebangkitan Nasional tahun 2024 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara mempererat persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya  Indonesia emas dalam bingkai negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Hari ini dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang yakni, kemajuan teknologi yang melesat cepat. Kita sudah memilih bukan hanya ikut serta, tetapi lebih daripada itu, menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia. Hari-hari ini hingga dua dekade kedepan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua”. Ucap Menkominfo RI

Sejarah latar belakang peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tanggal 20 Mei tak lepas dari berdirinya organisasi Boedi Oetomo atau Budi Utomo. Budi Utomo merupakan organisasi pemuda yang dicetuskan pada 20 Mei 1908 silam, yang dimasa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita kemerdekaan Indonesia.

Organisasi Budi Utomo bermula dari sejumlah dokter dan  calon dokter yang berkumpul mendirikan organisasi modern. Banyak orang menaruh harapan pada organisasi ini dan menganggap sebagai motor penggerak bagi kemerdekaan  di tanah hindia belanda. Selain Budi Utomo, Kartini juga merupakan pembaharu dalam menggagas sebuah imajinasi mengenai sebuah tatanan yang merdeka,dari merekalah semangat kebangkitan nasional lahir. Kebangkitan nasional adalah penanda lahirnya zaman baru. Pencetus cara berpikir baru, semangat kebangkitan nasional merumuskan kemerdekaan sebagai wahana memperjuangkan kedaulatan dan kemuliaan manusia.

“Hari ini kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah di pancangkan para pendiri bangsa. Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini, kita harus menata masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata. Tidak mungkin lagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu, dititik inilah, seluruh potensi sumber daya alam, bonus demografi kita serta  potensi transformasi digital kita menjadi modal dasar menuju “Indonesia Emas 2024”. Mari kita rayakan kebangkitan nasional kedua menuju Indonesia emas”. Tutup Menkominfo RI

Kegiatan upacara tersebut turut dihadiri oleh Inspektur, seluruh staf ahli, asisten, Kepala OPD, Camat, Lurah, dan seluruh ASN lingkup Pemerintah Kota Bima.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed