oleh

Ir. H. Mohammad Rum, MT, Hadiri TKD Awards Kota Bima Raih Peringkat Terbaik

-Liputan Kota Bima-Ikuti Berita Kami Di Apl Google play / Koran Digital

Mataram, Ir. H. Mohammad Rum, MT, Pj. Wali Kota Bima, mengikuti ajang TKD Awards dan Evaluasi Kinerja Penyaluran Transfer Ke Daerah Tahun Anggaran 2023 di Kantor KPPN Mataram. Acara ini menjadi panggung pemberian penghargaan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dengan kinerja penyaluran terbaik. Keberhasilan pelaksanaan kinerja penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Desa merupakan indikator utama yang menjadi fokus penilaian dan pemeringkatan Kabupaten/ Kota dalam ajang penganugerahan TKD Awards. Kamis, 1 Februari 2024,

Dalam penyampaiannya, Ir. H. Mohammad Rum, MT, menyoroti hasil pemantauan dan evaluasi ketercapaian target atas pelaksanaan penyaluran TKD Pemerintah Kota Bima khususnya melalui Laporan Pemantauan dan Evaluasi TKD Semester II Tahun 2023. Beliau memberikan apresiasi kepada seluruh Perangkat Daerah Kota Bima yang telah memberikan kontribusi positif dalam menunjang kinerja penyaluran transfer ke daerah terutama penyaluran DAK Fisik dimana Pemerintah Kota Bima meraih predikat terbaik Kategori realisasi Kontrak DAK Fisik 100% dalam ajang ini.

HM. Rum juga menyampaikan antusiasme terhadap implementasi inovasi terbaru dari Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB berupa aplikasi Mandalika, sebuah dashboard pemantauan penyaluran TKD untuk Provinsi NTB. Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa di seluruh wilayah NTB termasuk di Kota Bima.

H. Mohammad Rum juga menguraikan bahwa Pemantauan dan evaluasi kinerja penyaluran transfer ke daerah atas DAK fisik dan Dana Desa penting untuk memastikan transparansi, efisiensi penggunaan dana, peningkatan kinerja, pemenuhan target pembangunan, pelibatan masyarakat, dan pencegahan korupsi, menciptakan pengelolaan keuangan yang efektif dan hasil pembangunan yang bermanfaat.

“Jadi target sesungguhnya dalam menyikapi ajang pemberian TKD Awards adalah bagaimana Pemerintah Kota Bima dapat terus mengoptimalkan kinerja dalam mendorong percepatan penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa sehingga target realisasi dapat segera dicapai. Dan yang lebih penting adalah pelaksanaan berbagai program kegiatan yang bersumber dari DAK Fisik dapat segera terealisasi sehingga dapat memberikan manfaat signifikan bagi kemajuan pembangunan di Kota Bima,” ungkap H. Mohammad Rum.

Diakhir penyampaiannya, HM. Mohammad Rum menegaskan bahwa dirinya berharap agar seluruh jajaran Pemerintah Kota Bima dapat memacu peningkatan kinerja penyaluran transfer ke daerah guna memastikan efisiensi dana, transparansi dan pemenuhan target pembangunan serta inovasi layanan publik yang lebih optimal. Beliau juga berharap agar partisipasi aktif masyarakat dapat terus diupayakan untuk menciptakan dampak positif dan kesejahteraan yang berkelanjutan.

Dalam ajang penghargaan ini, Pj. Wali Kota Bima turut didampingi oleh Kepala BPPKAD Kota Bima beserta jajaran BPPKAD Kota Bima.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed