oleh

H. Mohammad Rum; Arahkan Penyusunan Perancangan Awal Rencana RPJPD Kota Bima Linear dengan RPJPN

-Liputan Kota Bima-Ikuti Berita Kami Di Apl Google play / Koran Digital

Penjabat (Pj) Wali Kota Kota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, MT, membuka acara Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Bima 2025-2045 bertempat di Aula Kantor Wali Kota, Rabu, 6 Desember 2023.

Tujuan rapat ini untuk menerima masukan dari berbagai pihak, termasuk masyarakat, dalam perencanaan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD).

HM. Rum dalam sambutannya memberikan amanah dan tanggung jawab dari Pemerintah Pusat untuk mengawasi dan mengawal pembangunan RPJPD Kota Bima dan memastikan agar penyusunan RPJPD sesuai dan selaras dengan konsep RPJPN. Hal ini merupakan salah satu tugas yang diamanatkan kepada dirinya sebagai Pj. Wali Kota Bima oleh Menteri Dalam Negeri RI guna memastikan keselarasan program prioritas Nasional dan Daerah.

H. Mohammad Rum menegaskan bahwa sebagai Pj. Wali Kota Bima yang ditugaskan oleh Pemerintah Pusat berkomitmen untuk melakukan intervensi arah kebijakan daerah terutama dalam mengatasi isu-isu krusial nasional seperti penurunan prevalensi stunting, pengendalian inflasi, pengentasan kemiskinan ekstrim dan membangun kesadaran akan perilaku dan ahlak yang baik sejalan dengan pemikiran yang progresif agar dapat tertuang dalam dokumen RPJPD Pemerintah Kota Bima 2025-2045.

“Untuk isu-isu yang ada seperti stunting, inflasi, dan lainnya untuk dapat diakomodir dalam penyusunan RPJPD dan memperketat pengawasan agar dapat isu-isu tersebut dapat dituntaskan. Sehingga tidak menggangu proses percepatan pembangunan kedepannya,” ucapnya.

Selain itu, Pj Wali Kota Bima juga mengingatkan untuk isu berkaitan masalah air, meningkatkan kebersihan lingkungan dan sampah perkotaan, serta meningkatkan kondisi keamanan dan ketertiban juga harus diakomodir dalam RPJPD 2025-2045.

“Jangan lupa untuk masalah krisis air bersih dan kebersihan perlu diatasi dan diperhatikan” tegasnya.

Tujuan dari konsultasi publik ini untuk merumuskan visi dan rencana, masukan dan ide-ide pembangunan berkelanjutan untuk masa depan Kota Bima hingga Tahun 2045.

“Diharapkan melalui kolaborasi dengan tim OPD dan pihak terkait lainnya akan tercapai perencanaan pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan untuk mewujudkan impian bersama bagi Kota Bima ke depannya,” tutupnya.

Dalam acara tersebut turut dihadiri pula oleh Sekretaris Daerah, Seluruh Staf Ahli, Asisten, Ketua Pengadilan, Kepala Bappeda, Kepala OPD, Kabag serta Camat.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed