oleh

Pemeriksaan IVA di Puskesmas se-Kabupaten Bima NTB dalam rangka HUT IDI ke-74

-Liputan NTB-Ikuti Berita Kami Di Apl Google play / Koran Digital EPAPER

Kabupaten Bima NTB : Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bima bekerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Bima dan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bima, mengadakan kegiatan Pemeriksaan IVA secara serentak di seluruh Puskesmas se-Kabupaten Bima pada hari Kamis 24 Oktober 2024 bertepatan dengan HUT IDI ke-74 yang mengusung tema “Menguatkan Komitmen, Membangun Masa Depan Kesehatan Indonesia”.

Sebelum dilakukan pemeriksaan ibu-ibu diberikan penyuluhan, Pemeriksaan IVA ini penting karena dapat mendeteksi kanker serviks secara dini. Dengan melakukan Pemeriksaan IVA, dapat mengetahui apakah anda memiliki kondisi pra-kanker atau tidak, memungkinkan penanganan lebih lanjut untuk mencegah perkembangan sel kanker dan mengurangi morbiditas dari penyakit ini.

Pemeriksaan IVA ini dianjurkan untuk wanita yang sudah menikah terutama yang berisiko terhadap kanker serviks, seperti : Memiliki riwayat kanker serviks dalam keluarga, memiliki banyak anak, memiliki lebih dari satu pasangan seksual/berganti-ganti pasangan, sering terpapar asap rokok, pernah mengalami Infeksi Menular Seksual (IMS).

Ketua IDI Cabang Kab Bima mengharapkan agar ibu-ibu dengan kesadaran sendiri datang ke Puskesmas untuk melakukan pemeriksaan IVA, karena di semua Puskesmas dapat melayani Pemeriksaan IVA, ada Dokter dan Bidan yang sudah mendapat Pelatihan untuk melakukan pemeriksaan tersebut. Mencegah lebih daripada mengobati.(Red).

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed