oleh

Mencegah Konflik Sosial dan Paham Radikalisme, FKS Matakando Gelar Dialog Tematik

-Liputan Kota Bima-Ikuti Berita Kami Di Apl Google play / Koran Digital EPAPER

Yuk Baca Liputannews17.com

Dapatkan update informasi pilihan setiap hari artikel/berita #Liputannews17 Follow: @Liputannews on Twitter | Liputannews on Facebook | Liputannews on Instagram | Koran Digital : E-PAPER Liputannews17 | Apl Android Google Play Liputannews17 https://play.google.com/store/apps/details?id=com.asratech.berita.liputannews17

Dengan bergabung di Group Telegram Liputannews17 Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.

Kota Bima NTBDigelar sosialisasi dan dialog tematik keserasian sosial berbasis masyarakat dalam rangka mencegah konflik sosial dan Paham Radikalisme di Kelurahan matakando, Kecamatan Mpunda Kota bima  Kegiatan dilaksanakan di Aula kelurahan Matakando Kamis  (11/08/2022).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Sosial Kota Bima, dan kepala Bakesbangpol Kota Bima Masyarakat, PKK, Forum Anak, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan RT,RW se Kelurahan Matakando.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Sosial Kota Bima, menyampaikan bahwa Program Keserasian Sosial merupakan salah satu program Kementerian Sosial RI dalam penanganan masalah konflik sosial Dan Paham Radikalisme.

“Tujuan dari program tersebut adalah untuk menciptakan suatu tatanan kehidupan sosial yang serasi dan harmonis dilandasi oleh nilai dasar kebersamaan, toleransi, saling menghargai dan menghormati, sehingga dapat membangun, memantapkan dan mengembangkan serta memelihara kembali kehidupan bersama di antara anggota masyarakat. ujarnya

Ia juga katakan bentuk kegiatan dari Forum Keserasian Sosial di Kelurahan Matakando ini berupa kegiatan Dialog Tematik Keserasian Sosial Dalam Rangka Mencegah Konflik Sosial, dan Paham Radikalisme, yang melibatkan unsur-unsur dalam masyarakat khususnya di Kelurahan Matakando.

“Diharapkan pelaksanaan program Keserasian Sosial ini dapat berjalan secara maksimal dan bermanfaat baik bagi pelaku konflik maupun bagi masyarakat di lingkungan sekitar.

Lurah Matakando Maskur SH  berharap dan berkeinginan kedepan peran masyarakat sangat diperlukan untuk mencegah konflik sosial yang terjadi khususnya di Kelurahan Matakando Kecamatan Mpunda Kota Bima,” tuturnya..

“Nilai-nilainya yakni; keseimbangan, keselarasan dan keharmonisan. Artinya kegiatan keserasian sosial dapat dilakukan untuk mewujudkan semua kehidupan kebersamaan yang selaras, seimbang dan harmonis. Sehingga terwujudnya masyarakat yang damai,” ujarnya.

Senada yang disampaikan kepala Bakesbangpol Kota Bima juga katakan untuk selanjutnya yakni mutualitas, keserasian sosial akan terpelihara bila mana kegiatan yang dilaksanakan merupakan kesepakatan bersama, tidak merugikan satu pihak dan saling menguntungkan.

“Kemudian ada asas kesetaraan, artinya setiap kegiatan keserasian sosial didasarkan kepada non diskriminasi, tidak berprasangka dan menghindarkan diri. Setiap pihak mempunyai kedudukan yang sama pada setiap proses, ide dan gagasan,” ujarnya. (Red)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed