oleh

Edukasi Masyarakat Jaga Lingkungan Terbebas dari DBD, Camat Palibelo : Gelorakan Gerakan Palibelo Bersih

-Liputan Kabupaten Bima-Ikuti Berita Kami Di Apl Google play / Koran Digital EPAPER

Kabupaten Bima NTB – Melihat tumpukan sampah Camat palibelo Kumara jaya S.STP., MSi, ini langsung memungut sampah .

Dia berupaya memungut sampah dengan sigap Kumara Jaya memungut dedaunan dan sampah plastik yang berada di selokan. Jajarannya pun seremtak membersihkan ranting, tanaman di dinding selokan, dan kotoran lain, hingga terlihat bersih.

Tak hanya itu, gerakan palibelo  bersih juga dilakukan bersama Kepala PKM Palibelo, Kepala Desa Tonggorisa, Ketua RW, Ketua RT, tokoh masyarakat, dan warga setempat.

Melihat hal tersebut, sejumlah Warga ikut membersihkan sampah Halaman rumahnya

Warga Tonggorisa, mengapresiasi gebrakan Camat Palibelo Kumara Jaya S.STP., M.Si tersebut. Dia juga mengajak para Warga Lain berkomitmen menjaga kebersihan di wilayahnya, bahkan sebisa mungkin wilayah kita Bisa bersih dari sampah, agar tempat tersebut tetap bersih, dan nyaman.serta terbebas dari penyakit Demam Berdarah

“Luar biasa untuk warga  yang bersih-bersih hari ini. Biar tempatnya bersih, bagus untuk ke depannya,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala desa tonggorisa Yusuf . Dia berharap kegiatan tersebut tidak berhenti hari itu saja, namun terus bergulir. Mengajak masyarakat, terutama warga agar terus menjaga kebersihan, tidak membuang sampah di Got dan selokan.

“Jika semuanya sadar akan luar biasa. Desa kita  bersih dari sampah,” katanya.

Camat Palibelo Kumara Jaya S.STP., M.Si mengungkapkan Gerakan Bersih bersih itu dilakukan sekaligus untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dalam menjaga lingkungan.

Terlebih, wilayah kecamatan palibelo, bahkan pada Desa Desa . Sehingga kerja sama dengan melibatkan masyarakat setempat, seperti Ketua RT dan RW serta perlu dilakukan untuk menumbuhkan rasa memiliki dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, menjaga lingkungan pada kesempatan pagi hari ini dengan seluruh wargar yang ada, kita gotong royong untuk membersihkan lingkungan., tapi sampah jangan dibuang berserakan, buanglah di tempatnya.
Jangan di saluran air, seperti selokan, agar tetap bersih, sehat, bebas banjir,” tegas Kumara.

Dalam kesempatan itu, dia juga terus menyosialisasikan agar warga terbebas dari Penyakit Demam Berdarah

“Ini yang pertama di Kabupaten Bima. Tapi yang lebih penting, bagaimana agar masyarakat sadar, tidak membuang sampah sembarangan, bahkan sebisa mungkin memanfaatkannya,” tegasnya.

berharap kegiatan semacam itu tidak hanya dilaksanakan sekali, namun berkelanjutan, misalnya dilakukan secara rutin dua atau tiga bulan sekali. Dengan begitu, lingkungan menjadi tertata lebih bersih, sehat, tentunya akan saling mendukung satu dengan yang lain.

Kades Tonggorisa mengungkapkan, kerja bakti yang diiniasi oleh Camat Palibelo dengan melibatkan warga  setempat, menambah semangat masyarakat untuk bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar. Selain itu, dengan kebersamaan dapat memberikan hasil yang maksimal karena beban pekerjaan tidak terasa berat dan pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.

“Kami sangat bangga Kehadiran Camat palibelo Yang Baru ini yang telah dengan kesungguhan, dengan keikhlasan, ketulusan untuk melaksanakan kegiatan gerakan Bersih bersi sampah hari ini,” ungkapnya.(Red)

1 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed